Dinkes Mesuji Lakukan Penyelidikan Epidemiologi DBD - .
RajaBackLink.com

Dinkes Mesuji Lakukan Penyelidikan Epidemiologi DBD

Bandar Lampung-publiklampung.com -- Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji sedang melakukan penyelidikan epidemiologi terhadap wabah demam berdarah dengue (DBD) di wilayah tersebut. Hal ini sebagai upaya memerangi meningkatnya kasus demam berdarah di Mesuji.

“Jadi, penyelidikan epidemiologi dilakukan ketika ada kasus DBD di Mesuji. Setiap puskesmas yang ada kasus DBD di wilayahnya, wajib melakukan penyelidikan epidemiologi ini,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan pengendalian penyakit, Dinas Kesehatan Mesuji, Suyono di kantornya, Selasa (5/3).

Ia menyatakan, setelah melakukan investigasi perlu dilakukan upaya tambahan seperti menerapkan tiga M dan mendaur ulang barang-barang tak terpakai yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

“Untuk fogging. Itu baru bisa kita lakukan jika wilayah tersebut terdapat banyak korban. Misalnya satu rumah terkena DBD semua. Begitupun dengan tetangganya. Barulah kita lakukan fogging,” lanjut dia.

Ia menjelaskan, saat ini terdapat 69 kasus demam berdarah yang dilaporkan di Kabupaten Mesuji. Desa Wiralaga di Kecamatan Mesuji yang terletak di bantaran sungai menjadi penyumbang kasus terbesar.

Suyono mengatakan kasus terbanyak berada pada Desa Wiralaga dengan 28 kasus. “Kemarin kami beri tahu jika kasus masih 36. Saat ini data terbaru, DBD Mesuji sudah ada 57 kasus sepanjang tahun 2024. Ini hasil rekapitulasi terbaru oleh jajaran kami,” jelas Suyono, Senin, 26 Februari 2024.

Meski terhitung banyak, belum ada kasus DBD yang menyebabkan pasien meninggal dunia. “Alhamdulilah belum ada yang sampai meninggal dunia. Kami tenaga medis berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah itu,” tutur dia.

Desa Wiralaga menjadi penyumbang kasus terbanyak karena pemukiman berada pada bibir sungai. “Kami tak henti hentinya mengajak masyarakat untuk sama sama menjaga lingkungannya untuk selalu bersih dari genangan air, dari sampah agar nyamuk tidak bisa bersarang dan berkembang biak,” imbuhnya.

Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com
Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment