Anies Janji Bangun Kereta Double Track Bakauheni-Kertapati - .
RajaBackLink.com

Anies Janji Bangun Kereta Double Track Bakauheni-Kertapati

Bandar Lampung - publiklampung.com -- Anies Rasyid Baswedan, calon presiden terdepan, berjanji membangun jalur kereta jalur ganda yang menghubungkan Bakauheni, Lampung Selatan, dengan Kertapati, Sumatera Selatan.

Jika ia memenangkan kursi presiden pada pemilu 2024, akan dibangun angkutan umum antara Bakauheni-Tanjungkarang, Kertapati (Lampung-Sumatera Selatan).

"Kami siapkan double track dari Bakauheni ke Kertapati, supaya transportasi efisien murah, dan  bisa dijangkau semua. Kalau jalan tol kan terbatas, karena kami mau semua sama rata" ujar Anies dalam dialog kebangsaan di Universitas Malahayati, Bandar Lampung, Kamis, 07 Desember 2023.

Selain itu, Anies berjanji akan menyediakan transportasi terintegrasi bagi Kota Bandar Lampung sehingga penduduk kota dapat mengakses lokasi mana pun dengan biaya terjangkau."Kami rencakan Insya Allah di Bandar Lampung, ada transportasi yang menjangkau semua masyarakat," kata dia.

Anies sebelumnya menyatakan jika terpilih menjadi presiden, ia akan memperbanyak jumlah jalur kereta api. Anies mengklaim, dibandingkan membangun lebih banyak jalan tol, jalur kereta api adalah cara yang lebih hemat biaya untuk menghubungkan berbagai wilayah.

"Ini investasinya sebenarnya bisa lebih kecil dari pada membangun jalan tol," kata Anies di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) 2023 dikutip dari YouTube MTI, Rabu, 06 Desember 2023.

Anies berpendapat, pembangunan kereta api perlu tersebar merata dan tidak hanya terbatas di Pulau Jawa. Hal ini dinilai dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. "Kita akan bisa memindahkan lebih banyak orang dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum yang berbasis kereta api, ini khusus di Jawa, untuk di luar Jawa kami (juga) merasa perlu untuk membangun jalur-jalur kereta api antarkota dan peningkatan intensitas perjalanan menggunakan kereta api," ujar Anies.

Selain itu, penambahan jalur kereta api diperkirakan akan mengurangi dampak polusi udara. karena penggunaan mobil pribadi lebih sedikit. "Efek polusinya juga lebih rendah dan akan bisa membangun perasaan kesetaraan yang lebih tinggi dibandingkan dengan berbasis kendaraan pribadi," ujar Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan, rute kereta api yang lebih panjang bisa mengakibatkan waktu pemberangkatan menjadi lebih cepat. Anies mencontohkan penundaan singkat keberangkatan kereta api ke luar negeri. "Sehingga kalau kita melihat di banyak negara antar kota itu bisa tiap satu jam, tiap dua jam ada kereta yang berangkat," ucap Anies.

Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com
Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment