Polinela Kukuhkan Fitriani sebagai Guru Besar Ekonomi Pertanian - .
RajaBackLink.com

Polinela Kukuhkan Fitriani sebagai Guru Besar Ekonomi Pertanian

Bandar Lampung - publiklampung.com -- Politeknik Negeri Lampung (Polinela) mengukuhkan Prof. Fitriani sebagai guru besar bidang ilmu ekonomi pertanian. 

Prof. Fitriani menyampaikan orasi ilmiahnya tentang ekonomi hijau dalam sistem agribisnis berkelanjutan. Menurutnya, perubahan iklim sangat berdampak pada kehidupan manusia, khususnya sektor pertanian. 

"Kita membutuhkan sustainable agribisnis dengan konsep yang berkelanjutan," ujarnya dalam agenda pengukuhan tersebut yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna (GSG) Politeknik Negeri Lampung, Kamis, 26 Oktober 2023.

Peran sektor pertanian dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan energi sangatlah penting. Kondisi sektor pertanian yang tidak stabil akan menyebabkan harga komoditas pangan di pasar yang fluktuatif. 

"Trade off yang terjadi antara kebutuhan pangan pertanian untuk manusia dan energi menyebabkan harga yang fluktuatif," kata dia. 

Selain berdampak langsung pada sektor pertanian, perubahan iklim juga memiliki pengaruh tidak langsung terhadap permasalahan stunting dan kerentanan gizi yang saat ini belum juga terentaskan. "Banyak tantangan dan PR kita, masih banyak stunting dan kerentanan gizi yang belum terpenuhi," jelasnya. 

Situasi ini diperburuk dengan kondisi perekonomian yang meningkatkan potensi penduduk menjadi rentan kembali masuk pada kategori miskin, terlebih setelah adanya pandemi Covid-19. 

Oleh karena itu, dia berharap konsep pembangunan berkelanjutan dapat menjadi salah satu solusi. 

Sementara itu, Direktur Polinela, Prof. Sarono mengucapkan rasa bangga atas diraihnya gelar profesor oleh salah satu dosen kampusnya itu. 

"Kita berbangga bisa mengantarkan salah satu dosen kita menjadi guru besar di Polinela. Kami bisa mengantarkan dosennya sampai menjadi guru besar," kata dia. 

Dia berharap hal ini dapat memacu semangat civitas akademika untuk mengembangkan inovasi di bidang pertanian. 

Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com
Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment