Mahasiswa ITERA Gagas Drone Ambulans untuk Percepat Evakuasi Korban Laka - .
RajaBackLink.com

Mahasiswa ITERA Gagas Drone Ambulans untuk Percepat Evakuasi Korban Laka

Bandar Lampung - publiklampung.com -- Lima mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) membuat gagasan drone ambulans. Inovasi ini diciptakan untuk mengurangi risiko kematian kecelakaan di tol.

Konsep auto drone ambulans berbasis geolocation ini lolos dalam seleksi nasional Program Kreativitas Mahasiswa bidang Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK) tahun 2023.

Menurut Akbar Widiancoko, salah satu anggota tim mengatakan inovasi ini dirancang untuk mempercepat waktu evakuasi korban kecelakaan di jalan tol.

"Kecelakaan di jalan tol merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Menurut data World Health Organization (WHO), kematian yang diakibatkan oleh kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab kedelapan bertambahnya angka kematian pada tahun 2013. Diperkirakan di tahun 2030, kecelakaan lalu lintas akan menjadi penyebab kelima bertambahnya angka kematian," kata dia dalam keterangannya, Selasa (17/10/2023).

Menurut dia, salah satu faktor keterlambatan adalah lokasi kecelakaan yang sulit dijangkau dengan ambulans konvensional.

"Keterlambatan memberikan bantuan medis kepada korban kecelakaan di jalan tol dapat menjadi penyebab kematian. Salah satu faktor yang menyebabkan keterlambatan tersebut adalah lokasi kecelakaan yang sulit dijangkau dengan ambulan konvensional," ujar Akbar.

Dijabarkan dia, inovasi auto drone ambulans berbasis geolocation ini menggunakan teknologi drone untuk mendeteksi lokasi kecelakaan dan mengevakuasi korban. Drone ambulance dilengkapi dengan sistem deteksi visual yang terintegrasi dengan artificial intelligence (AI).

"Sistem ini dapat mendeteksi korban kecelakaan secara otomatis dan akurat, bahkan dalam kondisi gelap atau hujan.

Akbar mengatakan, timnya telah melakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut terkait sistem drone ambulans. Timnya juga berencana untuk menjalin kerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan lembaga swadaya masyarakat (LSM), untuk mendukung implementasi inovasi ini.

"Kami berharap inovasi ini dapat diimplementasikan secara luas di Indonesia untuk mengurangi angka kematian pasca kecelakaan di jalan tol," kata Akbar.

Inovasi auto drone ambulance berbasis geolocation ini merupakan salah satu inovasi yang berpotensi untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan masyarakat. Inovasi ini diharapkan dapat menjadi solusi yang efektif dalam penanganan kecelakaan di jalan tol.

Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com
Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment