Linmas di Jatiagung Dapat Pelatihan Wawasan Kebangsaan - .
RajaBackLink.com

Linmas di Jatiagung Dapat Pelatihan Wawasan Kebangsaan

Bandar Lampung - publiklampung.com -- Koramil Tanjungbintang dan Polsek Jatiagung menggelar pelatihan/pembinaan peningkatan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Desa se-Kecamatan Jatiagung di Lapangan Posramil Jatiagung Lampung Selatan, Selasa, 31 Oktober 2023.

Danramil Tanjungbintang Kapten Inf. Tarekat mengatakan pelatihan Linmas Desa salah satu materinya adalah wawasan kebangsaan. Selain itu, para peserta pelatihan mendapatkan materi PBB, pioner, dan beladiri. 

"Wawasan kebangsaan yang berarti bagaimana cara pandang kita dalam berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan norma dan undang-undang yang berlaku," kata Tarekat.

Tarekat mencontohkan mengenai salah satu wawasan kebangsaan, yakni saling menghargai dan mengormati perbedaan. "Perbedaan tersebut penting dipahami karena bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku, ras, agama, budaya dan adat istiadat. Untuk itu rasa cinta Tanah Air ini perlu ditanamkan kepada Linmas sebagai mitra TNI-Polri," ujarnya.

Menurutnya, tujuan dari pelatihan Linmas untuk meningkatkan kemampuan Linmas yang optimal kepada masyarakat serta menciptakan rasa aman di tengah masyarakat. "Agar dapat menjadi tulang punggung keamanan di desa, dan harapannya peserta pelatihan ilmunya dapat berguna pada saat pelaksanaan tugas di masyarakat," ujarnya.

Dirinya menambahkan para pematerinya dari Koramil Tanjungbintang dan Polsek Jatiagung yakni Peltu Lukman, Serma Indarto, Aipda Jowan, Aipda Rusmansyah, Aipda Hartono, Serda Doni, dan Praka Erik. "Pematerinya dijamin sudah berpengalaman dan kompeten," ujarnya.

Kapolsek Jatiagung Iptu Mustolih mengatakan, Linmas harus bisa menjadi ujung tombak keamanan desa untuk mengantisipasi gejolak yang timbul di tengah masyarakat. "Siskamling menjadi pelopor penjaga keamanan di desa dan Linmas menjadi mitra TNI-Polri dalam mengamankan wilayah desa," ujarnya. 

Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com
Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment