Gibran Beli Bahan Pokok di Pasar Natar Lampung dan Jamin Harga Stabil, Pengamat: Tidak Etis, Gimmick dan.. - .
RajaBackLink.com

Gibran Beli Bahan Pokok di Pasar Natar Lampung dan Jamin Harga Stabil, Pengamat: Tidak Etis, Gimmick dan..

Bandar Lampung - publiklampung.com -- Gibran Rakabuming Raka, calon wakil presiden atau cawapres yang diusung Kalisi Indonesia Maju, berangkat ke Lampung dan Palembang untuk safari politik. Dia melakukan beberapa pembelian kebutuhan selama kunjungannya dan menyatakan bahwa harga tetap konsisten.

Trubus Rahadiansyah, pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti, membahas permasalahan ini secara detail. "Sebenarnya itu enggak etis, melanggar etika  publik. Masa kampanye belum dimulai, yang bersangkutan sudah curi start. Secara etika publik tidak dibenarkan. Kan dia Walikota Solo, masa dia pergi ke mana mana, sampai ke Lampung,"  ujar Trubus pada Senin, 13 November 2023.

Trubus juga mempertegas klaim Gibran yang berhasil mempengaruhi harga pangan dan menghidupkan kembali pasar tradisional di Solo.

"Menurut saya, juga dari sisi kesantunan publik tidak dibenarkan. Karena kalau kesuksesan yang dia klaim itu masih incumbent, masih menjabat di walikota Solo. Kecuali pengalaman, artinya dia sudah tidak menjabat di Solo. Ini kan masih menjabat," ujar Trubus.

Trubus juga membawa pernyataan calon wakil presiden Prabowo Subianto ke Lampung yang menyatakan bahwa harga pangan sebagian besar masih stabil. Ia bahkan berjanji akan bekerja sama dengan warga di Pasar Natar untuk menjaga harga bahan pokok tetap masuk akal.

"Itu hanya gimmick politik saja untuk menarik simpati publik dan seperti pencitraan. Karena dia kan enggak bisa menentukan harga bahan pokok," tuturnya. "Ini kan urusan Kementerian Pertanian dan lembaga lain. Ini kan sebenarnya malah memercik muka kabinet yang ada sekarang." 

Trubus melanjutkan, menyebutkan bakal calon presiden dan wakil presiden lainnya yang menyusul. Dia mempermasalahkan orang-orang yang memanfaatkan gedung-gedung pemerintah untuk melanjutkan kampanye presiden mereka.

Oleh karena itu, Trubus mendorong Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melarang calon presiden dan cawapres mencalonkan diri sebelum kampanye dimulai. "KPU dan Bawaslu sepertinya tidak punya keberanian untuk melakukan hal itu untuk membuat aturan atau norma yang menjelaskan sebelum masa kampanye dilarang capres-cawapres melakukan kampanye," ucapnya. 

Sebelumnya, pada Sabtu, 11 November 2023, Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka mengunjungi Pasar Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, dalam safari politik bertemu dengan para pedagang.

"Pasar Natar ini lokasi pertama, tadi sempat beli cabai, dan mangga," kata Gibran.

Selain itu, ia menyebutkan bahwa ia pernah berurusan dengan pedagang di Pasar Natar dan harga kebutuhan pokok di pasar tradisional cukup konsisten.

"Kami lihat tadi harganya di pasar cukup stabil," ujar Gibran.

Namun Walikota Surakarta berjanji akan terus bekerja sama dengan warga di Pasar Natar untuk menjaga harga bahan pokok tetap terjangkau.

Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com
Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment