Vaksinasi Rabies Massal Dilakukan di 19 Titik di Lampung - .
RajaBackLink.com

Vaksinasi Rabies Massal Dilakukan di 19 Titik di Lampung

Bandar Lampung - publiklampung.com -- Vaksinasi rabies massal secara gratis diselenggarakan di 19 titik di Lampung dalam rangka puncak perayaan hari rabies sedunia. 

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Lampung, Lili Mawarti mewakili Gubernur Lampung menuturkan, pihaknya telah menyiapkan 1.700 dosis vaksin yang didistribusikan ke kabupaten/kota khusus untuk pelaksanaan vaksinasi rabies massal serentak nasional, Sabtu, 7 Oktober 2023.

"Ini dilaksanakan di 19 titik, dengan 17 titik di Puskeswan yang ada di Provinsi Lampung, 1 titik di Balai Veteriner Lampung dan 1 titik di Klinik Hewan UPTD Pelayanan Keswan, Kesmavet, dan Laboratorium Pakan Provinsi Lampung," ujarnya dalam agenda Vaksinasi Rabies Gratis di Balai Veteriner Lampung, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Momentum hari rabies sedunia merupakan pengingat akan pentingnya melakukan tindakan preventif guna meminimalisir timbulnya kasus rabies. Penyakit yang bersifat zoonosis atau dapat menular dari hewan ke manusia ini berpotensi menyebabkan kematian bagi hewan maupun manusia bila tidak segera ditangani dengan langkah yang tepat. 

"Risiko tertular rabies menjadi besar ketika hewan penular rabies (HPR) seperti anjing, kucing, kera dan musang tidak mendapatkan vaksinasi itu," jelasnya.

Hingga kini Provinsi Lampung masih termasuk dalam daerah endemis rabies dengan jumlah lima kasus gigitan yang terkonfirmasi positif rabies di periode Januari--September 2023. Hal ini menjadi catatan kasus rabies tertinggi di Provinsi Lampung dalam kurun waktu lima tahun terakhir.


Kerja Sama

Sementara itu, Kepala Balai Veteriner Lampung, Hasan Abdullah Sanyata menuturkan perlu kerja sama lintas pihak untuk membebaskan Provinsi Lampung dari kasus rabies. 

"Ini perlu kerja sama semua pihak, karena ini juga menyangkut nyawa manusia (bersifat zoonosis). Kalau tidak tertangani dengan benar berpotensi meninggal dunia," tuturnya.

Pihaknya berkomitmen mendukung program-program penanggulangan penyakit rabies di Provinsi Lampung guna mewujudkan Indonesia bebas rabies pada 2030.

"Pada peringatan ini kita juga mengadakan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) ke anak-anak melalui lomba-lomba dan menyediakan lapak baca kesehatan hewan. Ayo kita gelorakan bersama, secara bertahap kita bebaskan penyakit rabies agar zero di 2030," pungkasnya. 

Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com
Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment