Marak Kasus Kebakaran Lahan di Tol Lampung, Penyebabnya Ulah Manusia - .
RajaBackLink.com

Marak Kasus Kebakaran Lahan di Tol Lampung, Penyebabnya Ulah Manusia

Bandar Lampung - publiklampung.com -- Peristiwa kebakaran lahan di sekitar jalan Tol Lampung kerap terjadi akibat dampak El Nino. Dalam sehari, peristiwa kebakaran di jalan tol bisa terjadi dua hingga tiga kali.

Kabid Damkar Lampung Selatan, Rully Fikriyansyah mengatakan peristiwa kebakaran lahan sejak El Nino melanda meningkat.

"Kalau kebakaran lahan di tol itu bisa 2 hingga 3 kali dalam sehari. Nah kalau lahan perkebunan itu hampir setiap hari, memang dampak El Nino ini peristiwa kebakaran meningkat," kata dia, Senin (9/10/2023).

Meski demikian, kebakaran tak cuma dipengaruhi faktor alam semata. Menurut Rully, faktor penyebab kebakaran adalah ulah manusia. Salah satu yang paling sering terjadi adalah karena puntung rokok dibuang ke tepi jalan tol.

"Ulah manusia semua itu. Kalau di tol itu penyebabnya puntung rokok yang dibuang. Kalau lahan itu, memang sengaja dibakar sama pemilik lahan sehabis panen," jelasnya.

Rully menjelaskan, para pemilik lahan maupun perusahaan sengaja membakar sisa panen untuk mengurangi pengeluaran. Kemudian dilihat dari waktunya, biasanya kebakaran terjadi sekitar pukul 12 siang hingga tengah malam.

"Iya sengaja, itu kan mereka bisa hemat pengeluaran. Tapi mereka nggak pernah berpikir dampaknya nanti bisa menyambar rumah warga," ungkap dia.

Dia berharap para masyarakat umum maupun pemilik perusahaan untuk tidak sembarang membuang puntung rokok ataupun membakar lahan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat ataupun pemilik perusahaan. Tolong jangan sembarangan membakar ataupun membuang rokok, karena dampak penyebaran apinya itu sangat cepat. Mari kita jaga bersama-sama," pungkas dia.

Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com
Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment