Kronologi Kebakaran di TPA Bakung Bandar Lampung, Sudah 3 Hari Belum Padam - .
RajaBackLink.com

Kronologi Kebakaran di TPA Bakung Bandar Lampung, Sudah 3 Hari Belum Padam

Bandar Lampung - publiklampung.com -- Kebakaran terjadi di TPA Bakung, Kecamatan Teluk Betung Barat, Bandar Lampung. Api diketahui membakar ribuan ton tumpukan sampah. Tim petugas pemadam gabungan hingga kini terus berupaya memadamkan api.

Peristiwa tersebut terjadi sejak hari Jumat (13/10/2023) sore hingga kini, Minggu (14/10/2023) belum sepenuhnya padam. Berikut sederet fakta terkait awal mula hingga kondisi terkini kebakaran di TPA Bakung:

Awal Mula TPA Bakung Terbakar

Kebakaran melanda TPA Bakung, Teluk Betung Barat, Bandar Lampung. Awal mula api dilaporkan terjadi pada Jumat (13/10/2023) sore. Menurut Ujang (34) warga setempat mengatakan api mulai membesar pukul 17.40 WIB.

"Sudah besar tadi sebelum waktu Maghrib tadi, saya tahu itu kebakaran dari mereka yang bekerja di dalam teriak kebakaran," ujar dia, Jumat (13/10/2023).


Api Membakar Ribuan Ton Sampah

Api terus membesar membakar ribuan ton tumpukan sampah. Tim gabungan petugas pemadam kebakaran (damkar) terus berupaya memadamkan api agar tidak menyebar.


Kencangnya angin turut menyebabkan api membakar ribuan ton tumpukan sampah di TPA Bakung dengan cepat. Petugas pemadam juga sempat menghentikan pemadaman karena kehabisan air.


Kendala Selama Proses Pemadaman

Kebakaran di TPA Bakung Bandar Lampung sejak Jumat (13/10/2023) sore hingga Sabtu (14/10/2023) siang belum juga padam. Petugas pemadam menyebut banyaknya titik api membuat sebaran api terus meluas.

Diketahui, proses pemadaman dilakukan Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar dibantu warga sekitar untuk terus berupaya memadamkan api agar tidak terus meluas.

Petugas menyebut banyak titik api membuat proses pemadaman berjalan lambat. Dua ekskavator yang digunakan dalam proses pengerukan sampah untuk memadamkan bara api yang berada di dalam tumpukan sampah pun rusak.

"Kendalanya itu banyak titik api dan di dalam tumpukan sampah itu juga banyak bara api," kata Kabid Sarpras Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung, Heliansyah, Sabtu (14/10/2023).


Proses Pemadaman Masih Berlanjut

Memasuki hari ketiga, pada Minggu (14/10/2023), kebakaran yang melanda TPA Bakung Bandar Lampung masih belum juga padam sepenuhnya. Sebaran titik api semakin meluas.

Kabid Sarpras Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung, Heliansyah mengatakan pihaknya mengaku kesulitan dalam memadamkan api karena derasnya angin serta banyaknya asap.

"Kondisi angin ini deras, lalu banyaknya asap yang ditimbulkan dari kebakaran sampah ini membuat kami kewalahan," kata dia, Minggu (15/10/2023).

Dalam proses pemadaman di TPA Bakung ini, Heliansyah mengatakan bahw apihaknya telah meminta bantuan armada kendaraan pemadam baik dari swasta maupun pemerintah.

"Kalau jumlah pasti kendaraan pemadam sudah banyak, datanya ada di kantor. Tapi yang jelas atas kebakaran ini kami telah meminta bantuan baik ke provinsi maupun swasta untuk menerjunkan mobil pemadamnya," tandasnya.

Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com
Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment