8 Daftar Budaya Asli Lampung Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda - .
RajaBackLink.com

8 Daftar Budaya Asli Lampung Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Lampung - publiklampung.com -- Delapan budaya Provinsi Lampung ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTBI) 2023. Warisan budaya ini ditetapkan oleh Ditjen Kemendikbudristek RI.

Adapun delapan warisan budaya yang ditetapkan pada Kamis (31/8/2023) lalu di Jakarta. Kedelapan warisan budaya tersebut adalah Takhi Batin, Tukhun Mandei, Petikan Gitar Klasik Lappung, Cangget Bakha, Takhi Khudat Lappung, Pekhos Masin, Takhi Pikhing Khua Belas dan Takhi Bujantan Budamping.

"Penetapan ini setelah dilakukan Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2023, di Hotel Millenium Jakarta lalu. Sukses dan berjaya untuk Provinsi Lampung dengan ditetapkannya delapan karya budaya asli Lampung sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia, tetap lestari, semoga Provinsi Lampung terus melaju, untuk Indonesia maju," kata Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid dalam keterangan tertulisnya, Minggu (3/9/2023).

Sementara atas ditetapkan delapan warisan budaya ini, Pemerintah Provinsi Lampung pun akan mengupayakan menjaga serta melestarikan budaya asli Lampung.

"Merawat budaya bangsa itu tidak mudah tanpa dukungan semua pihak. Mari kita bersama-sama untuk melestarikan budaya tradisional Lampung," kata Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi.

Arinal menjelaskan pentingnya penetapan warisan budaya ini untuk bisa menggabungkan budaya dengan pariwisata. Sehingga peran aktif semua pihak sangat dibutuhkan.

"Pelestarian budaya tradisional itu dapat dengan menggabungkan kegiatan budaya dengan pariwisata sehingga semakin banyak yang tahu tentang budaya asli Lampung. Dengan peran aktif semua pihak menjaga kelestarian budaya, Lampung tidak akan kehilangan budayanya di tengah perkembangan zaman," katannya.

Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com

Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment