Terdampak Kekeringan, Ratusan Petak Sawah di Lampung Terancam Gagal Panen - .
RajaBackLink.com

Terdampak Kekeringan, Ratusan Petak Sawah di Lampung Terancam Gagal Panen


Bandar Lampung - publiklampung.com -- Ratusan petak sawah di Lampung kekeringan karena kemarau berkepanjangan. Akibatnya tanaman padi yang baru berumur sekitar dua bulan terancam mati.

Salah satu wilayah yang terdampak di antaranya Desa Way Sidomukti, Kecamatan Ketapang. Salah satu petani di Desa Way Sidomukti, Sinardi (41) mengatakan wilayah itu sudah tidak mengalami hujan sejak satu setengah bulan lalu.

Karena itu irigasi tidak mengalir karena mengalami kekeringan. "Warga mengandalkan hujan, tapi ini udah satu setengah bulan nggak turun hujan," kata Sinardi saat dihubungi, Senin (28/8/2023).

Sinardi menceritakan kondisi persawahan di wilayah itu yang saat ini terjadi. Menurutnya, tanaman padi yang baru berumur enam minggu sampai dua bulan mulai menguning akibat tidak mendapatkan pasokan air.

Kemudian lahan persawahan juga mulai retak-retak akibat panas dan tidak adanya air. "Kalau sampai minggu depan enggak hujan, ya pasti bakal gagal panen," kata Sinardi.

Sementara itu, Wahyudi (45) petani lainnya mengatakan untuk menyelamatkan tanaman padi beberapa petani terpaksa merogoh kocek lagi. "Buat beli bahan bakar untuk penyedot air, ya terpaksa dari pada tanaman mati," kata Wahyudi.

Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com

Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment