5 Cabang Unggulan Sea Games - .
RajaBackLink.com

5 Cabang Unggulan Sea Games

Bandar Lampung - publiklampung.com -- Southeast Asian (SEA) Games 2023 digelar di Kamboja. Tuan rumah memiliki kewenangan memilih cabang olahraga SEA Games yang digelar sesuai kesiapan, kecuali cabor wajib atletik dan akuatik.

Sejumlah cabor tidak jadi dipertandingkan berdasarkan hasil rapat SEA Games Federation (SEAGF). Contohnya seperti body building dan dance sports kategori Latin, seperti dikutip dari laman National Olympic Committee (NOC) Indonesia.

"Ada beberapa yang tidak jadi dipertandingkan, seperti bodybuilding karena non-compliance dengan anti-doping code. Ada juga dance sports - kategori Latin yang akhirnya diputuskan tidak dipertandingkan," kata Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari atau Okto, dikutip Senin (15/5/2023).

Okto mengatakan, cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games harus merujuk kepada ajang kompetisi di atasnya, yaitu yakni Asian Games dan juga Olimpiade.

"Sehingga atlet yang dikirim ada acuan prestasinya," katanya.

Peta persaingan di SEA Games juga hampir jarang berubah. Hal itu mengindikasikan setiap negara peserta sudah memiliki ukuran cabang-cabang olahraga andalan.

Termasuk Indonesia yang memiliki cabang olahraga andalan penyumbang medali. Lantas, apa saja cabang olahraga andalan Indonesia di SEA Games?


BULUTANGKIS

Bulutangkis menjadi cabang olahraga andalan Indonesia di SEA Games. Bulutangkis hampir selalu mampu menyumbang medali emas.

Saat sea games 2023 pasangan Indonesia, Rehan Naufal/Lisa Ayu berhasil membungkam wakil Malaysia, Roy King Yap/Cheng Su Yin di partai final dengan skor 20-22, 21-8, dan 21-16.


ANGKAT BESI

Atlet angkat besi putri dari Indonesia Tsabitha Alfiah Ramadani menambah koleksi medali emas Indonesia pada ajang SEA Games 2023 yang digelar di Kamboja Atlet angkat besi putri dari Indonesia Tsabitha Alfiah Ramadani menambah koleksi medali emas Indonesia pada ajang SEA Games 2023 yang digelar di Kamboja. Tsabitha Alfiah Ramadani berhasil mengangkat seberat 64kg angkat besi.


WUSHU

Indonesia mengumpulkan total 14 medali, dengan rincian 6 emas, 6 perak dan 2 perunggu, dari cabang olahraga wushu pada perhelatan SEA Games 2023 yang digelar di Phnom Penh, Kamboja.


RENANG

Ketua Umum PB PRSI Anindya Bakrie bersyukur atas perolehan medali emas yang dicetak para atletnya.tim renang bisa mempersembahkan 3 medali emas. Ini berarti sesuai target, lebih baik dari Games Vietnam dua tahun lalu yang hanya merebut dua emas. Ini sebuah kemajuan prestasi


SEPAKBOLA

Dengan 87 emas, Tim Indonesia di SEA Games 2023 melampaui catatan terbaiknya sepanjang lima edisi terakhir ajang itu. Bahkan beberapa cabang olahraga sukses menjadi juara umum.

Indonesia mengikuti 31 cabang olahraga dengan jumlah 599 atlet (menyesuaikan dengan pengukuhan Menpora dan pelepasan oleh Presiden) dari 36 cabang olahraga yang dipertandingkan tuan rumah Kamboja, mulai 5-17 Mei.

Dari jumlah itu pula, Merah-Putih sukses mengantongi 87 medali emas, 80 medali perak, dan 109 medali perunggu. Sepakbola menjadi cabang terakhir yang menyumbang medali emas bagi Tim Indonesia melalui persembahan Rizky Ridho dan kawan-kawan.

Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com

Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment