Makanan Khas Lampung Yang Menggiurkan dan Wajib Dicoba - .
RajaBackLink.com

Makanan Khas Lampung Yang Menggiurkan dan Wajib Dicoba

Bandar Lampung - publiklampung.com -- Berbincang mengenai hidangan tradisional nusantara memang tak pernah ada habisnya. Pastinya di setiap daerah terdapat makanan khas, salah satunya di Lampung. 

Suguhkan cita rasa lezat dan manjakan lidah penikmatnya, berikut makanan khas Lampung yang tidak bisa dilewatkan.

1. Seruit

Seruit merupakan hidangan kuliner pertama yang kerap disajikan tatkala ada acara keluarga, pernikahan, acara adat, hingga keagamaan. Makanan ini terbuat dari ikan bakar yang dicampur dengan berbagai sambal terasi khas BAndar Lampung, berupa tempoyak serta mangga.

2. Geguduh

Mampir ke BAndar Lampung, kurang lengkap rasanya bila belum mencicipi geguduh. Kue tradisional ini berbahan dasar pisang yang telah dihaluskan. Biasanya geguduh disajikan untuk para tamu atau ketika ada acara besar di hunian.

3. Umbu

Makanan khas yang bernama umbu ini bisa dikatakan cukup unik. Pasalnya, bahan dasarnya merupakan rotan yang masih muda. di mana rotan muda tersebut direbus hingga lunak. Umbu biasanya dijadikan sebagai bahan dasar sayur seperti osen atau dihidangkan dalam bentuk lalapan.

4. Gabing

Gabing menjadi makanan khas Lampung selanjutnya yang dibuat dari batang kelapa muda. Batang kelapa muda tersebut diiris hingga terlihat lempengan kecil memanjang, lalu direbus dan diberikan tambahan bumbu rempah khas.

5. Pindang

Istilah pindang kini sudah tidak asing lagi. Lantaran, makanan khas ini telah melalang buana hingga seluruh penjuru nusantara. Terkenal akan rasa yang sangat unik dan aroma yang kuat, pindang biasanya disajikan dengan kuah yang berwarna kuning.

6. Keripik Pisang

Mungkin di beberapa wilayah di tanah air bisa menjumpai jajanan bernama keripik pisang. Namun beda lagi di Lampung. Keripik buatan Lampung lazimnya dipadukan dengan berbagai rasa seperti keju, coklat, strawberry, sapi panggang, macca, melon, dan masih banyak lainnya.

7. Keripik Nangka

Masih berkutat dengan keripik. Makanan khas selanjutnya ini berasal dari bahan dasar buah nangka yang telah matang. Memiliki rasa yang super legit, keripik nangka sangat cocok disantap bagi Anda yang suka ngemil. Dijamin Anda akan ketagihan dengan rasa yang dimilikinya.

8. Kue Segumpal

Kue segumpal menjadi hidangan kuliner tradisional yang hanya ada di musim tertentu. Yang mana Anda bisa menjumpainya dengan sangat mudah dikala bulan Ramadhan tiba. Makanan khas Lampung ini terbuat dari santan dan beras ketan yang dikukus.

9. Mie Lampung

Dalam penyajiannya, mie Lampung biasanya dihidangkan dengan beberapa pilihan. Mulai dari bihun ayam, mie ayam, kwetiau ayam, nasi tim hingga pangsit. Satu hal unik yang membedakan mie asal Lampung dengan mie lainnya yakni teksturnya yang sungguh kenyal dan lezat.

10. Kue Lapis Legit

Bisa dikatakan jika kue lapis legit ini merupakan kue warisan zaman kolonial yang hingga kini masih digemari oleh banyak orang. Kerap dihidangkan dikala lebaran tiba, kue lapis legit atau spekkoek memang memiliki ciri khas berupa bumbunya yang sangat harum.

11. Sambal Asam Kembang

Bila mendengar nama sambal asam kembang, pastinya orang orang akan mengira jika makanan ini terbuat dari bahan yang asam. 

Namun siapa sangka, ternyata dalam pembuatannya sambal ini tidak menggunakan bahan asam. Akan tetapi, sambal ini terbuat dari terasi yang dicampur buah kemang.

12. Pempek Lampung

Pada dasarnya, pempek memang sangat identik dengan kota Palembang. Namun kali ini di Lampung terdapat olahan bernama pempek yang sungguh menarik perhatian. Bagaimana tidak, makanan tradisional satu ini memiliki rasa yang begitu lezat dan ampuh memanjakan lidah penikmatnya.

13. Sambal Tempoyak Udang

Sambal berikutnya yang tak surut akan peminatnya yakni sambal tempoyak udang. Terbuat dari tomat dan cabai serta bahan tambahan lainnya seperti kunyit, udang, dan pete, menjadikan sambal ini sangat menggiurkan. Jadi jangan sampai melewatkan untuk tidak mencicipinya.

14. Pisro

Makanan khas Lampung bernama Pisro ini berasal dari olahan ikan yang kerap dihidangkan sebagai jamuan makanan sehari hari masyarakat Pepadun. Ikan yang menjadi bahan utamanya yakni ikan betok dan tembakang. Kedua jenis ikan ini telah tersohor memiliki rasa yang sangat gurih.

15. Panggang Lampung

Sesuai dengan namanya, hidangan satu ini memang dibuat dengan cara dipanggang atau diasapi. Panggang menjadikan ikan sebagai bahan utamanya yang dipanggang di atas bara api. 

Proses pemanggangan tersebut ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama hingga ikannya matang.

Editor : Anisa Bela
Reporter : Fira Ayu
Released © publiklampung.com


Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment