PHRI : Okupansi Hotel di Lampung Saat Ini Capai 68% - .
RajaBackLink.com

PHRI : Okupansi Hotel di Lampung Saat Ini Capai 68%


Bandar Lampung - publiklampung.com -- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Lampung mencatat okupansi hotel di wilayahnya 65-68% saat ini. Keadaan itu meningkat pasca pandemi Covid-19.

Ketua PHRI Lampung, Friandi Indrawan mengatakan kondisi bisnis perhotelan yang saat ini dirasakan terus mengalami peningkatan dan semakin baik guna bangkit dari keterpurukan. 

"Sampai saat ini bisnis perhotelan di lampung khususnya relatif baik, perbaikan pasca pandemi cukup cepat yang ditunjukkan dari raihan okupansi di sepanjang semester I tahun 2023 cukup bagus," ujar dia kepada Lampost.co pada Jumat, 29 September 2023.

PHRI Lampung mencatat bahwa saat ini okupansi kamar hotel meningkat dibandingkan tahun 2022 pada periode yang sama. Meski demikian, perlu adanya inovasi dan penetrasi pasar yang lebih luas agar target kunjungan dapat tercapai sesuai target. 

"Saat ini dominasi kunjungan ke Lampung masih bersumber pada sektor pariwisata, yang sumber dayanya masih dikuasai oleh belanja pemerintah. Kunjungan sektor pariwisata ini harus dipertahankan bahkan terus diupayakan untuk adanya peningkatan," kata Friandi.

Friandi berharap pada akhir tahun ini kunjungan wisatawan yang menginap di hotel berbintang Provinsi Lampung meningkat dan memenuhi harapan semua pengusaha hotel.

"Kita ibarat jumlah visitor itu sebuah kue, jika sebuah kue dimakan oleh 10 orang, semua merasa kenyang dan cukup, tapi jika ada tambahan 2 orang, tapi volume kue-nya tidak ditambah, tentu porsi kue yang dimakan oleh 12 orang akan semakin kecil," ungkapnya.

Sementara itu berdasarkan data Tingkat Penghunian Kamar (TPK) yang di rilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada 1 September ini, diketahui di bulan Juli 2023 terjadi peningkatan jumlah hunian kamar hotel di provinsi lampung. 

Diketahui Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Provinsi Lampung pada Juli 2023 tercatat 57,78 persen, naik 1,42 poin dibanding TPK hotel pada Juni 2023 yang tercatat sebesar 56,36 persen. Bila dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun 2022, TPK hotel berbintang turun sebesar 0,14 poin. 

Kemudian jumlah tamu selama Juli 2023 yang menginap di hotel berbintang mencapai 69.792 orang, terdiri dari 293 tamu asing dan 69.499 tamu domestik. Kondisi ini mengalami kenaikan sebanyak 4.255 orang (6,49 persen) dibandingkan Juni 2023 yang tercatat 65.537 orang.

Dari keseluruhan itu di dapati rata-rata lama menginap tamu pada hotel berbintang di provinsi lampung bulan Juli 2023 tercatat 1,36 hari, turun 0,15 hari dibandingkan pada Juni 2023 yang tercatat sebesar 1,51 hari.

Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com
Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment