Damkar Lampung Selatan hingga Oktober tangani 122 kebakaran lahan - .
RajaBackLink.com

Damkar Lampung Selatan hingga Oktober tangani 122 kebakaran lahan

Bandar Lampung - publiklampung.com -- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, menangani sebanyak 122 kasus kebakaran lahan yang terjadi di wilayah tersebut pada periode Januari hingga 12 Oktober 2023.

"Jumlah keseluruhan kebakaran lahan yang terjadi di Lampung Selatan dari Januari sampai dengan 12 Oktober sebanyak 122 kasus," kata Kepala Bidang Damkar Dinas Damkarmat Lampung Selatan Rully Fikriansyah, di Kalianda, Kamis.

Ia mengatakan penyebab utama dari tingginya kasus kebakaran lahan yang melanda Lampung Selatan akibat cuaca panas dan kemarau panjang.

"Cuaca panas saat musim kemarau membuat rumput dan tanaman mengering yang mengakibatkan mudah terbakar," kata dia.

Ia mengatakan, dari 122 kasus kebakaran di wilayah itu, kasus terbanyak terjadi di Kecamatan Kalianda.

"Memang yang paling sering terjadi kebakaran itu di Kecamatan Kalianda. Pada periode tersebut terjadi 60 kasus kebakaran," katanya.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran lahan.

"Apalagi saat ini musim kemarau, sehingga tanaman banyak yang kering dan api dengan mudah membakarnya," ujar dia.

Ia mengatakan kesadaran masyarakat sangat penting, ketika membuka lahan perkebunan atau pertanian tidak dengan membakar.

Ia juga mengimbau warga yang melintas di jalan yang berpotensi kebakaran agar tidak membuang puntung rokok karena dapat memicu terjadinya kebakaran.

"Kami mengimbau warga agar lebih berhati-hati dalam penggunaan api, jangan membuang sisa atau puntung rokok di pinggir jalan karena dapat menyebabkan kebakaran," kata dia.

Ia meminta warga jika terjadi kebakaran atau hal yang membahayakan dapat segera menghubungi Damkarmat.

Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com
Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment