BMKG Benarkan Adanya Kiriman Asap dari Lampung ke Palembang - .
RajaBackLink.com

BMKG Benarkan Adanya Kiriman Asap dari Lampung ke Palembang

Bandar Lampung - publiklampung.com -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Raden Intan II Lampung membenarkan adanya kiriman asap dari Lampung ke Palembang. Faktor kiriman asap ini karena arah angin yang berembus ke wilayah Sumatera Selatan.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Raden Intan II Lampung, Rudi Haryanto saat dikonfirmasi tak menampik hal tersebut. Asap tersebut datang dari kebakaran lahan yang terjadi di bagian barat Lampung.

"Kalau melihat arah anginnya ketika terjadi kebakaran hutan maupun lahan di Kabupaten Mesuji, Kabupaten Tulang Bawang ataupun Kabupaten Way Kanan sangat memungkinkan sekali akan bisa terbawa angin ke arah sana (Palembang)," kata dia, Kamis (19/10/2023).

Meski begitu, dia kurang memantau sejauh apa asap kiriman dari Lampung ke Palembang.

"Kalau memonitor sih nggak, tapi dampak asap dari kebakaran lahan ini bisa kita amati. Kalau ke Lampung nya sendiri minim, karena arah angin setiap musim kemarau pasti ke arah sana (Palembang)," jelas dia.

Sebelumnya, Kepala BPBD Sumsel M Iqbal Alisyahbana mengatakan, sebagian kecil kabut asap yang selimuti Palembang kiriman dari Lampung karena terbawa angin. Namun, kata dia, tetap ada kontribusi dari wilayah Sumsel sendiri, tepatnya dari Ogan Komering Ilir (OKI).

"Asap tetap dari OKI tapi sebagian kecil dari Lampung karena terbawa angin, menurut Pak Kadis Ops Lanud saat evaluasi kemarin," katanya saat dihubungi.

Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com
Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment