BMKG Deteksi 89 Titik Panas di Lampung, Way Kanan Terbanyak - .
RajaBackLink.com

BMKG Deteksi 89 Titik Panas di Lampung, Way Kanan Terbanyak

Lampung - publiklampung.com -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung mendeteksi setidaknya ada 89 titik panas di Lampung. Lampung juga tercatat sebagai salah satu daerah rawan kebakaran di Pulau Sumatera. "Jika dibandingkan pada bulan sebelumnya, memang ada peningkatan titik panas, peningkatan ini mulai terjadi sejak bulan Agustus," kata PMG Madya Stasiun Klimatologi Lampung Suparji dikutip dari Tribunnews, Jumat (8/9/2023).

Suparji menyinggung soal perilaku masyarakat yang memanfaatkan musim kekeringan ini dengan membakar sampah. Menurutnya, hal itu sangat membahayakan karena faktor angin kencang bisa menyebabkan penyebaran api secara cepat. 

Pihaknya mengimbau masyarakat tidak melakukan pembakaran di musim panas. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan kebakaran. "Masyarakat kita ini banyak yang memanfaatkan kekeringan dengan membakar sampah. 

Kami mengimbau itu tidak dilakukan karena faktor angin yang kencang bisa menyebabkan penyebaran api dan itu sangat membahayakan," tuturnya. 

Disinggung kondisi di Lampung, Suparji mengatakan, ada beberapa wilayah yang memiliki tingkat kerawanan kebakaran yakni di persawahan dan perkebunan. "Namun memang yang rawan ini terdapat di perkebunan," jelas dia. 

Dari total 89 titik hotspot yang terdeteksi, terdapat 3 golongan tingkat kerawanan mulai kategori sedang hingga tinggi. Untuk tingkat sedang ada 7 titik panas, tingkat menengah 78 titik panas, tingkat tinggi 4 titik panas. Berikut sebaran titik panas di kabupaten/kota se-Lampung: 

1. Way Kanan 18 titik panas 

2. Tulangbawang 17 titik panas 

3. Mesuji 9 titik panas 

4. Lampung Tengah 5 titik panas 

5. Lampung Utara 5 titik panas 

6. Tulangbawang Barat 5 titik panas 

7. Lampung Timur 3 titik panas 

8. Pesisir Barat 2 titik panas 

9. Lampung Selatan 1 titik panas 

10. Lampung Barat 1 titik panas 

11. Tanggamus 1 titik panas

Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com
Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment