6 Tarian Adat Lampung Sai Bumi Ruwa Jurai - .
RajaBackLink.com

6 Tarian Adat Lampung Sai Bumi Ruwa Jurai

Lampung - publiklampung.com -- Setiap daerah di Pulau Sumatera pastinya memiliki kebudayaan seperti Tarian adat. Terkhusus Provinsi Lampung, Provinsi yang satu ini memiliki kekayaan budaya yang beragam, termasuk tarian tradisional.

Melansir dari buku dan beberapa jurnal, Tarian-tarian Lampung merupakan warisan leluhur yang dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat lampung.

Berikut adalah 6 tarian adat Lampung yang perlu di ketahui:


Tarian Bedana

Tarian Bedana ini berasa dari Lampung Timur yang menjelaskan tentang ajaran islam dan mencerminkan tata kehidupan masyarakat Lampung, tarian ini juga menyimbolkan tentang persahabatan. Tarian Bedana ini dimainkan ketika anggota keluarga khatam Al-Qur'an.


Tari Cangget

Tarian ini merupakan tarian para pemuda dan pemudi di Provinsi Lampung. Pada tahun 1942 tarian ini dimainkan di setiap acara yang berhubungan dengan gawi adat, seperti halnya panen raya, upacara mendirikan rumah, dan dipakai untuk mengantar orang yang akan berpergian menunaikan ibadah haji.


Tari Melinting

Tari Melinting adalah tari persembahan yang berasal dari Melinting, Lampung Timur, Indonesia. Tarian ini merupakan tarian yang dianggap klasik, karena tarian ini telah ada semenjak masuknya islam di Nusantara.


Tari Sigeh Pengunten

Tarian ini adalah tari kreasi baru dari Lampung. Tari Sigeh Pengunten merupakan pengembangan dari tari sembah yang merupakan tarian tradisional masyarakat Lampung. Sama halnya seperti tarian Melinting, tarian Sigeh Pengunten ini juga merupakan tarian sembah untuk penyambutan para tamu dalam acara resmi.


Tari Topeng

Topeng merupakan salah satu bentuk karya seni rupa tradisional telah lama dikenal dan berkembang di beberapa etnis bersamaan dengan nilai-nilai budayanya. Tarian dalam upacara biasanya dipakai untuk menutupi identitas si Penari agar tidak dikenali. Adapun pemakai topeng merupakan simbol hubungan impersonasi roh-roh dengan manusia.


Tari Mulie Bekipas

Tarian Mulie Bekipas merupakan tarian kreasi baru yang berkembang di masyarakat penduduk Kota Metro. Tarian ini menjelaskan tentang kewaspadaan mulie atau gadis Lampung dalam menerima persahabatan dari laki-laki. Walaupun tarian ini merupakan tarian kreasi baru, tari ini sering di tampilkan di acara adat, penyambutan, acara pernikahan dan acara perlombaan.


Nah, itulah 6 tarian adat Lampung yang mungkin tidak diketahui oleh anda , semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com
Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment