Ekonomi Global Diprediksi Melambat, Pelaku UMKM Diyakini Mampu Bertahan - .
RajaBackLink.com

Ekonomi Global Diprediksi Melambat, Pelaku UMKM Diyakini Mampu Bertahan


Bandar Lampung - publiklampung.com -- Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia diyakini mampu bertahan di tengah prediksi perlambatan ekonomi global tahun 2023. Untuk mengembangkan usahanya, para pelaku UMKM diminta terus memperluas pasar, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Hal itu dikemukakan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat berdiskusi dengan puluhan pelaku UMKM di Bandar Lampung, Kamis (2/3/2023). Acara itu merupakan rangkaian acara Rapat Kerja Kementerian Perdagangan dan temu bisnis yang berlangsung selama dua hari di Lampung.

Dalam kesempatan itu, Zulkifli menceritakan pengalamannya membangun bisnis saat krisis moneter tahun 1998. Berkat kegigihan dan kejelian melihat peluang, Zulkifli mengaku mendapat keuntungan besar kala itu. Namun, dia juga mengingatkan, pelaku usaha tidak boleh terlalu takut menghadapi risiko rugi. ”Jangan berhenti belajar kalau mau usahanya terus berkembang,” ujarnya.

Di tengah perkembangan teknologi digital saat ini, Zulkifli mendorong pelaku usaha untuk terus memperluas pasar, baik dalam negeri maupun luar negeri. Untuk membantu memperluas pasar di dalam negeri, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong agar semakin banyak produk UMKM yang bisa masuk ke berbagai ritel modern.


Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com
Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment