H-7—H+7 Lebaran, Pemudik Motor Tidak Bisa Menyeberang dari Merak ke Bakauheni - .
RajaBackLink.com

H-7—H+7 Lebaran, Pemudik Motor Tidak Bisa Menyeberang dari Merak ke Bakauheni

Bandar Lampung - publiklampung.com -- Dinas Perhubungan Provinsi Lampung akan mengalihkan pemudik yang menggunakan sepeda motor dan truk barang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Ciwandan. Kebijakan itu untuk mengantisipasi kemacetan pada periode mudik lebaran 1444 H/2023.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo menerangkan pihaknya akan lakukan mandatori cek pada H-7 sampai H+7 lebaran.  

Selama kurun waktu itu, pemudik motor tidak bisa melalui Pelabuhan Merak untuk ke Pelabuhan Bakauheni. "Nanti truk dan motor yang akan menyebrang laut dari Pelabuhan Merak akan dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan. Jadi hanya ada dua tujuan apakah ke Bakauheni atau Panjang," kata dia, Kamis, 06 April 2023.

Pihaknya bersama stakeholder terkait telah mengatur aplikasi Ferizy untuk mendukung rekayasa penyebarangan tersebut. "Kami sudah rapat persiapan, nanti di ferizy sudah diatur apakah ingin nyeberang lewat Panjang atau lewat Bakauheni dari Ciwandan. Jadi dipastikan H-7 sampai H+7 semua truk dan motor tidak boleh lewat Merak-Bakauheni," kata dia.

Mencatat realisasi pengguna jalan pada mudik 2022 sebanyak 15.887 penumpang, dengan presentase kenaikan 15 persen. Sehingga prediksi pada mudik 2023 sebanyak 16.681 penumpang.

"Untuk kesiapan armada sendiri bus AkDP sebanyak 376 unit dengan kapasitas 12.612 penumpang, Perintis 24 unit dengan kapasitas 579 penumpang dan AKAP 86 unit dengan kapasitas penumpang 13.401 serta cadangan aglomerasi 20 unit kapasitas 600 penumpang," kata dia.

Editor : Anisa Bela
Reporter : Fira Ayu
Released © publiklampung.com

Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment